Pengertian dan Macam-macam Fase Bulan

Berikut ini adalah pembahasan tentang Bulan (satelit Bumi) yang meliputi fase bulan, pengertian fase bulan, macam macam fase bulan.

Telah disinggung sebelumnya bahwa Bumi mempunyai sebuah satelit yaitu Bulan. Bulan mengelilingi Bumi pada suatu orbit. Bulan merupakan benda langit terdekat dari Bumi.

Rotasi dan Revolusi Bulan

Berbeda dengan Bumi, Bulan tidak mempunyai atmosfer sehingga permukaan Bulan berhubungan langsung dengan luar angkasa. Oleh karena itu di Bulan tidak ditemukan kehidupan karena tidak tersedianya udara dan air.

Dalam peredarannya, Bulan melakukan tiga gerakan sekaligus yaitu rotasi, revolusi, dan bersama-sama dengan Bumi mengitari Matahari. Periode rotasinya sama dengan periode revolusinya.

Rotasi Bulan memiliki dua macam periode. Periode pertama adalah periode sideris/bulan sideris, periode ini mengacu ke satu bintang jauh selain Matahari. Satu bulan sideris kira-kira 27,3 hari.

Periode kedua adalah periode sinodis yang mengacu ke Matahari. Satu bulan sinodis kira-kira 29,5 hari. Amati Bulan setiap hari pada malam hari, maka kamu akan melihat bentuk bulan yang berubah-ubah setiap malam.

Pengertian dan Macam-macam Fase Bulan

Bentuk bulan yang tampak berbeda ketika kamu lihat dari Bumi disebut fase Bulan. Kedudukan Bulan selama berevolusi dapat kamu amati pada Gambar berikut ini.
Pengertian dan Macam-macam Fase Bulan
Gambar: Macam-macam Fase Bulan

a. Kedudukan 1

Saat kedudukan Matahari, Bulan, dan Bumi dalam satu garis lurus. Bagian Bulan yang menghadap Bumi tidak mendapat sinar Matahari sehingga Bulan tidak dapat dilihat. Kedudukan ini disebut Bulan baru/Bulan muda.

b. Kedudukan 2

Separuh bagian Bulan yang menghadap Bumi hanya kirakira seperempatnya yang terkena sinar Matahari, sehingga yang terlihat Bulan berbentuk sabit yang disebut Bulan sabit.

c. Kedudukan 3

Separuh bagian Bulan yang menghadap Bumi, kira-kira setengahnya terkena sinar Matahari, sehingga Bulan tampak setengah lingkaran. Kedudukan ini disebut kuartir pertama.

d. Kedudukan 4

Separuh bagian Bulan yang menghadap Bumi, kira-kira tiga perempatnya terkena sinar Matahari, sehingga yang terlihat Bulan berbentuk cembung.

e. Kedudukan 5

Separuh bagian Bulan yang menghadap Bumi semuanya terkena sinar Matahari, sehingga disebut Bulan purnama.

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Fase Bulan"

Posting Komentar