Pengertian dan Macam-macam Jenis Pesawat Sederhana beserta Contoh Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini adalah pembahasan tentang pesawat sederhana yang meliputi pengertian pesawat sederhana, contoh pesawat sederhana dalam kehidupan sehari hari, macam macam pesawat sederhana, jenis jenis pesawat sederhana, pesawat sederhana katrol, pesawat sederhana bidang miring, pesawat sederhana tuas, dan pesawat sederhana gigi roda.

Contoh Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari

Banyak kehidupan sehari-hari yang tampak biasa-biasa saja, tetapi tidak seperti itu bagi seorang fisikawan. Kejadian-kejadian tersebut selalu saja menimbulkan pertanyaan-pertanyaan.

Sebagai contoh, ketika kamu ingin mencabut paku yang tertancap di dinding, kamu akan sulit bahkan tidak mampu melakukannya tanpa bantuan alat. Jika kamu menggunakan catut, pekerjaan itu akan mudah dilakukan.

Mengapa mencabut paku dengan catut terasa lebih mudah? Mengapa dayung dapat menggerakkan perahu dengan tenaga yang tidak terlalu besar? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini akan kamu temukan dalam pembelajaran ini.

1. Contoh Pertama

Gilang dan Garin sedang membantu ayah dan ibu mereka yang sedang berkemas karena keluarga mereka akan pindah ke luar kota. Sebagian barang dimasukkan ke dalam kotak kayu besar. Tentu saja kotak ini sangat berat. Ketika kotak ini akan dipindahkan ke bak mobil, permasalahan baru timbul. 

Mereka hanya mampu mendorong atau menarik kotak, tetapi tidak mampu mengangkat kotak secara vertikal ke atas. Bagaimana mereka menyelesaikan masalah ini?

Ayah mereka menggunakan papan kayu untuk membuat sebuah bidang miring antara tanah dan bak mobil. Dengan cara demikian, mereka dapat mendorong kotak tersebut melewati bidang miring. Ternyata, dengan bantuan bidang miring ini mereka mampu menaikkan kotak berat ke dalam bak mobil.
Pengertian dan Macam-macam Jenis Pesawat Sederhana beserta Contoh Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari
Gambar: Bidang miring digunakan untuk mempermudah menaikkan kotak.

2. Contoh Kedua

Perhatikan tukang bangunan yang sedang membangun sebuah gedung yang tinggi. Ketika sedang menembok bagian gedung di lantai atas, mereka menggunakan sebuah katrol untuk mengangkat bahan yang digunakan untuk menembok misalnya campuran semen dan pasir. 

Mengapa menggunakan katrol dan tidak memilih mengangkut dengan cara dibawa oleh seseorang dengan cara berjalan menaiki tangga?
Pengertian dan Macam-macam Jenis Pesawat Sederhana beserta Contoh Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari
Gambar: Katrol mempermudah mengangkat barang.

3. Contoh Ketiga

Perhatikan juga gigi-gigi roda pada sepedamu. Sepeda menggunakan gigi-gigi roda untuk memutar roda belakang.

Gaya yang digunakan untuk memutar roda tersebut berasal dari kayuhan kakimu. Ketika kamu menaiki sepeda dan melewati sebuah tanjakan, apa yang akan kamu lakukan? 

Kamu akan mengubah posisi rantai sedemikian rupa sehingga gigi rantai depan pada posisi gigi kecil dan rantai belakang pada posisi gigi besar. 

Demikian roda sepeda akan berputar lambat tetapi kayuhan kakimu akan terasa ringan. Oleh karena itu, sepedamu dapat menaiki tanjakan dengan mudah.
Pengertian dan Macam-macam Jenis Pesawat Sederhana beserta Contoh Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari
Gambar: Gigi-gigi roda sepeda dapat digunakan untuk mengatur gaya.

Contoh-contoh peristiwa di atas merupakan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari. 

Pengertian Pesawat Sederhana 

Dengan bantuan alat-alat tersebut, pekerjaan manusia akan terasa lebih mudah. Jadi, dapat dikatakan bahwa pesawat sederhana adalah alat-alat yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan.
Pesawat sederhana adalah alat mekanik yang dapat mengubah arah atau besaran dari suatu gaya. Secara umum, alat-alat ini bisa disebut sebagai mekanisme paling sederhana yang memanfaatkan keuntungan mekanik untuk menggandakan gaya. (Wikipedia)

Macam-macam Jenis Pesawat Sederhana 

Dari contoh di atas terlihat bahwa ada 4 jenis pesawat sederhana, yaitu
1. Pesawat Sederhana  bidang miring,
2. Pesawat Sederhana  tuas atau pengungkit,
3. Pesawat Sederhana  katrol, dan
4. Pesawat Sederhana  roda gigi.

Demikian pembahasan tentang pengertian pesawat sederhana, contoh pesawat sederhana dalam kehidupan sehari hari, macam macam pesawat sederhana, jenis jenis pesawat sederhana.

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Jenis Pesawat Sederhana beserta Contoh Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari"

Posting Komentar