Pengertian serta Contoh Gerak Endonom, Gerak Esionom dan Gerak Higroskopis pada Tumbuhan

Berikut ini merupakan pembahasan tentang gerak pada tumbuhan yang meliputi gerak endonom dan gerak esionom yang pembahasan ini akan meliputi Gerak Endonom, pengertian Gerak Endonom, contoh Gerak Endonom, Gerak Esionom, pengertian Gerak Esionom, contoh Gerak Esionom, macam macam Gerak Esionom, Gerak Higroskopis, pengertian Gerak Higroskopis, contoh Gerak Higroskopis.

Gerak Pada Tumbuhan

Tumbuhan juga melakukan gerak meskipun gerak pada tumbuhan tidak menghasilkan perpindahan tempat. Gerak tumbuhan hanya dilakukan oleh bagian tertentu, seperti bagian ujung tunas, ujung akar, dan daun.

Tumbuhan tingkat tinggi dapat merespon rangsangan tertentu dari lingkungannya dengan melakukan gerak. Gerak tumbuhan umumnya sangat lambat sehingga perlu ketelitian tinggi untuk dapat mengamatinya.

Gerak pada tumbuhan terbagi menjadi tiga yaitu gerak endonom, gerak esionom, dan gerak higroskopis.

1. Gerak Endonom

Gerak endonom adalah gerak yang tidak diketahui penyebab luarnya. Gerak ini dikenal pula sebagai gerak spontan karena tumbuhan melakukan gerakan secara spontan tanpa perlu adanya rangsangan dari luar. 

Contoh Gerak Endonom

Contoh gerak endonom ini adalah gerak pertumbuhan daun dan gerak rotasi sitoplasma (siklosis) pada sel-sel daun Hydrilla verticillata yang dapat dideteksi dari gerak sirkulasi klorofil di dalam sel.
Gambar: Gerak Endonom pada Daun Hydrilla Verticillata

2. Gerak Esionom

Gerak esionom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari lingkungan sekitar. 
Berdasarkan jenis rangsangannya, gerak esionom dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu tropisme, taksis, dan nasti.

3. Gerak Higroskopis

Gerak higroskopis disebabkan karena perubahan kadar air. Gerak ini dapat menyebabkan pecahnya buah kapas dan polong-polongan setelah mengering.
Contoh lainnya adalah membukanya sel anulus pada sporangium tumbuhan paku dan membukanya gigi peristom pada sporangium tumbuhan lumut.

0 Response to "Pengertian serta Contoh Gerak Endonom, Gerak Esionom dan Gerak Higroskopis pada Tumbuhan"

Posting Komentar