Pengertian dan Macam-macam Jenis Zat Adiktif, Narkoba, Narkotika dan Psikotropika beserta Contohnya Lengkap

Berikut ini merupakan pembahasan tentang Zat Adiktif dan Psikotropika yang meliputi pengertian zat adiktif, pengertian psikotropika, pengertian narkotika, macam macam zat adiktif, macam macam psikotropika, macam macam narkotika, contoh narkotika, contoh zat adiktif, contoh psikotropika, jenis jenis zat adiktif, jenis jenis psikotropika, jenis jenis narkotika.

Zat Adiktif dan Psikotropika

Tahukah kamu bahwa zat adiktif dan psikotropika tergolong narkoba?

Pengertian Narkoba

Narkoba (singkatan dari narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif berbahaya lainnya). Narkotika berasal dari bahasa Inggris yaitu narcotics yang berarti obat bius.
Narkoba adalah bahan/zat yang jika dimasukkan dalam tubuh manusia, baik secara oral/diminum, dihirup, maupun disuntikkan, dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang. 
Narkoba dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis. Narkotika dalam bahasa Yunani disebut narkose yang artinya beku, lumpuh, dan dungu.
Gambar: Contoh Narkoba

Pengertian Narkotika

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan (Undang-Undang No. 22 tahun 1997). 

Macam-macam Jenis Contoh Narkotika

Yang termasuk jenis narkotika adalah tanaman papaver, opium mentah, opium masak (candu, jicing, jicingko), opium, morfin, kokain, ekgonin, tanaman ganja, dan damar ganja.

Pengertian Zat Adiktif

Zat adiktif adalah bahan-bahan alamiah, semi sintetis maupun sintetis yang dapat menimbulkan ketagihan dan ketergantungan bagi pemakainya. 
Zat adiktif ini biasa dipakai sebagai pengganti morfin atau kokain yang dapat mengganggu sistem saraf pusat.

Macam-macam Jenis Contoh Zat Adiktif

Kelompok yang termasuk zat adiktif ini antara lain rokok, minuman keras, serta alkohol yang mengandung etil etanol, inhalen/sniffing (bahan pelarut) berupa zat organik (karbon) yang menghasilkan efek yang sama dengan yang dihasilkan oleh minuman yang beralkohol atau obat anaestetik jika aromanya dihisap, seperti lem/perekat, aseton, dan eter.

Pengertian Psikotropika

Zat psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan pada aktivitas mental dan perilaku (Undang-Undang No. 5/1997). 

Macam-macam Jenis Contoh Psikotropika

Zat yang termasuk psikotropika antara lain sedatin (Pil BK), rohypnol, magadon, valium, mandarax, amfetamin, fensiklidin, metakualon, metifenidat, fenobarbital, flunitra-zepam, ekstasi, shabu-shabu, dan LSD (Lycergic Alis Diethyl-amide).

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Jenis Zat Adiktif, Narkoba, Narkotika dan Psikotropika beserta Contohnya Lengkap"

Posting Komentar