Urutan Susunan Lapisan Atmosfer Bumi

Berikut ini adalah pembahasan tentang lapisan atmosfer yang meliputi susunan lapisan atmosfer, lapisan-lapisan atmosfer, lapisan atmosfer bumi, konsentrasi lapisan ozon terdapat pada lapisan?

Susunan Lapisan Atmosfer

Menurut perubahan suhu dan ketinggiannya, atmosfer dapat dikelompokkan menjadi empat lapisan, yakni troposfer, stratosfer, mesosfer, dan termosfer (ionosfer).

a. Lapisan Troposfer

Troposfer merupakan lapisan terbawah, terletak pada ketinggian antara 0 – 16 km. Baca selengkapnya tentang karakteristik dan ciri-ciri lapisan troposfer.

b. Lapisan Stratosfer

Merupakan lapisan udara yang terletak pada ketinggian antara 16 – 50 km. Konsentrasi lapisan ozon terdapat pada lapisan stratosfer ini. Baca selengkapnya tentang karakteristik dan ciri-ciri lapisan stratosfer.
Urutan Susunan Lapisan Atmosfer Bumi
Gambar: Susunan Lapisan Atmosfer

c. Lapisan Mesosfer

Terdapat lapisan mesosfer yang berada pada ketinggian antara 50–80 km. Lapisan ini mempunyai peranan penting karena dapat melindungi bumi dari kejatuhan meteor.

Pada lapisan ini meteor hancur dan terbakar karena gesekan dengan udara sehingga hanya kepingan-kepingan kecil yang sampai di permukaan bumi.

Diperkirakan kecepatan meteor sewaktu memasuki atmosfer bumi mencapai 25.000 km per jam. Karena kecepatan itulah meteor terbakar dan hancur sehingga menimbulkan cahaya terang yang bergerak cepat pada malam hari.

d. Lapisan Termosfer atau Ionosfer

Merupakan lapisan udara yang terletak pada ketinggian lebih dari 80 km. Baca selengkapnya tentang karakteristik dan ciri-ciri lapisan termosfer.

Demikian pembahasan tentang susunan lapisan atmosfer bumi, sebenarnya masih ada satu lagi lapisan di atasnya termosfer yaitu eksosfer yang memiliki ketinggian lebih dari 400km.

0 Response to "Urutan Susunan Lapisan Atmosfer Bumi"

Posting Komentar