Pengertian Sedimentasi, Contoh dan Macam-macam Jenis Sedimentasi

Berikut ini merupakan pembahasan tentang salah satu bentuk tenaga eksogen yaitu sedimentasi yang meliputi pengertian sedimentasi, contoh sedimentasi, macam macam sedimentasi, jenis jenis sedimentasi.

Pengertian Sedimentasi

Sedimentasi merupakan proses pengendapan material hasil erosi pada tempat tertentu. Materi yang mengendap dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya terbawa angin, aliran air, atau gletser.
Sedimentasi adalah suatu proses pengendapan material yang ditransport oleh media air, angin, es, atau gletser di suatu cekungan.
Semua yang mengendap kemudian akan menyatu dan membentuk batuan baru yang disebut batuan sedimen.

Macam-macam Jenis Sedimentasi

Berdasarkan penyebabnya, sedimentasi dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut.

a) Sedimentasi akuatis atau sedimentasi karena air sungai

Sedimentasi akuatis yaitu proses pengendapan materi-materi yang terbawa oleh aliran air di tempat-tempat yang dilaluinya. Hasil pembentukan dari proses sedimentasi fluvial adalah delta dan bantaran sungai. 
Delta berupa daratan di dekat pantai yang terbentuk karena pengendapan lumpur, tanah, pasir dan batuan yang terbawa oleh air sungai. Adapun bantaran sungai merupakan daratan semacam delta yang terbentuk di tepi sungai.
Pengertian Sedimentasi, Contoh dan Macam-macam Jenis Sedimentasi
Gambar: Contoh Sedimentasi

b) Sedimentasi aeolis atau sedimentasi karena angin

Sedimentasi aerolis yaitu proses pengendapan materi-materi yang terbawa oleh hembusan angin di tempat-tempat yang dilalui oleh tiupan angin tersebut. Hasil pembentukan dari proses sedimentasi aeolis antara lain adalah gumuk pasir (sand dunes).

c) Sedimentasi marine atau sedimentasi karena air laut

Sedimentasi marine yaitu proses pengendapan material yang terbawa oleh gelombang air laut. 
Hasil pembentukan dari proses sedimentasi marine antara lain tumpukan karang di pantai, bar (endapan pasir yang panjang seperti pematang) di pantai, tombolo (bar yang terbentuk dekat pantai dan terhubung dengan daratan), sert karang atol (karang yang bentuknya terputus-putus).

Akibat Proses Sedimentasi

Kenampakan-kenampakan alam yang terbentuk akibat adanya proses sedimentasi oleh tenaga air antara lain delta, nehrung, tombolo, dataran banjir.

a. Delta adalah endapan tanah yang terdapat di muara sungai. Bentuk-bentuk delta antara lain delta kipas, delta runcing, dan delta kaki burung atau lobben.

b. Nehrung adalah endapan pasir tepi pantai yang melintang seperti lidah banyak dijumpai di sekitar teluk atau estuaria.

c. Tombolo adalah endapan pasir yang menghubungkan daratan dengan pulau yang berada di dekat pantai.

d. Dataran banjir adalah dataran yang berada di kanan kiri sungai dan terbentuk akibat luapan saat terjadi banjir.

0 Response to "Pengertian Sedimentasi, Contoh dan Macam-macam Jenis Sedimentasi"

Posting Komentar