Faktor Penyebab Proses Terjadinya Pasang Surut Air Laut Lengkap

Berikut ini merupakan pembahasan tentang pasang surut air laut yang meliputi jadwal pasang surut air laut, tabel pasang surut air laut, pasang surut air laut disebabkan oleh, pasang surut air laut untuk mancing, pasang purnama, pengaruh pasang surut air laut, dan kalender pasang surut air laut serta proses terjadinya pasang surut air laut, penyebab terjadinya pasang surut air laut, akibat terjadinya pasang surut air laut.

Pasang Surut Air Laut

Tahukah kamu apa yang dimaksud pasang surut air laut? Pasang adalah keadaan ketika air laut naik dan surut adalah keadaan di mana permukaan air laut turun.

Tahukah kamu apa penyebabnya? Pasang surut air laut terutama karena gravitasi Bulan meskipun juga dipengaruhi gravitasi Matahari.

Hal ini karena jarak Bumi lebih dekat ke Bulan daripada jarak bumi ke Matahari. Ingat bahwa gaya gravitasi pada dua buah benda besarnya berbanding terbalik dengan kuadrat jarak benda tersebut.

Karena gravitasi Bulan ini, lautan akan tertarik sehingga menimbulkan air pasang. Ketika jarak Bumi dan Bulan menjauh, gaya gravitasi Bulan akan menurun. Hal ini mengakibatkan laut akan surut.

Pasang besar terjadi saat Bulan dan Matahari menghasilkan gaya tarik (gaya gravitasi) yang segaris. Hal ini terjadi saat Bulan purnama dan Bulan baru.
Faktor Penyebab Proses Terjadinya Pasang Surut Air Laut
Gambar: Pasang Surut Air Laut

Faktor Penyebab Terjadinya Pasang Surut Air Laut

1. Berdasarkan teori keseimbangan, penyebab pasang surut air laut adalah rotasi bumi pada sumbunya, revolusi bulan terhadap matahari, revolusi bumi terhadap matahari.

2. Berdasarkan teori dinamis, penyebab pasang surut air laut adalah kedalaman dan luar perairan, pengaruh rotasi bumi (gaya coriolis) dan gesekan dasar.

3. Faktor lokal lainnya penyebab terjadinya pasang surut air laut adalah topografi dasar laut, lebar selat, bentuk teluk, dan lain sebagainya. (Wyrtki, 1961).

2 Responses to "Faktor Penyebab Proses Terjadinya Pasang Surut Air Laut Lengkap"

  1. SALAH.

    Data:
    M Bumi = 5.97 x 10^24 kg
    M Bulan = 7.35 x 10^22 kg
    M Matahari = 1.99 x 10^30 kg

    r B-B = 384 400 km
    r B-M = 149 600 000 km


    Rumus: F = G x M1 x M2 / r^2


    Coba HITUNG. Maka anda akan mendapatkan bahwa Gaya Gravitasi Matahari - Bumi adalah 178.7 kali lebih besar ketimbang Bulan - Bumi.

    BalasHapus
  2. Yang pasti ilmu pengetahuan itu selalu berkembang...

    Dulu orang beranggapan bahwa bumi itu adalah datar... ahirnya terbantahkan dengan kebenaran bahwa bumi ternyata bulat!

    Dulu orang beranggapan bahwa bumi adalah pusat tatasurya.... ternyata anggapan itu tergeser, karena matahari ternyata lebih berhak untuk itu!

    Bisa jadi, sekarang masih banyak orang yang beranggapan bahwa penyebab pasang surut air laut adalah karena pengaruh gaya gravitasi bulan dan matahari.... Namun, seandainya suatu saat nanti anggapan ini ternyata salah, maka kebenaran ilmu pengetuahlah yang harus dianut!

    Teruslah suarakan kebenaran! Terimakasih FEGETABLES GREEN!!!

    BalasHapus