Urutan dan Mekanisme Terjadinya Proses Gerak Refleks serta Gerak Sadar

Pembahasan kali ini adalah tentang gerak sadar dan gerak refleks, mekanisme gerak refleks, urutan gerak refleks, gerak refleks pada bayi, mengapa bayi sering kaget, gerak refleks pada manusia, refleks patella, refleks moro, refleks patologis, defleks babinski, lengkung refleks, refleks pada bayi baru lahir, refleks fisiologis, proses gerak refleks, bayi kaget dan reflek bayi.

Mekanisme Urutan Gerak Sadar

Aktivitas sehari-hari seperti makan, lari, dan melompat merupakan gerak sadar, artinya gerakan yang dikontrol oleh pusat kesadaran. Pada gerak itu, otakmu memberi perintah kepada otot-otot untuk melakukan gerakan tersebut.

Jalannya impuls pada gerak sadar adalah sebagai berikut.
impuls dari reseptor → neuron sensorik → pusat saraf (otak) → respon efektor → neuron motorik → efektor (gerak anggota tubuh)

Urutan dan Mekanisme Gerak Refleks

Selain gerak sadar, kamu juga dapat melakukan gerakan spontan tanpa disadari yang disebut gerak refleks. Contohnya bila tanganmu menyentuh benda panas tanpa sengaja, maka secara spontan kamu akan menarik tangan menjauhi benda panas itu.

Perhatikan jalannya impuls pada gerak refleks berikut ini.
impuls dari reseptor → neuron sensorik → sumsum tulang belakang → respon efektor → neuron motorik → efektor
Impuls yang menyebabkan gerakan tersebut dibawa oleh sel saraf sistem eferen somatik dan suatu jalur rangsangan pendek yang disebut lengkung refleks.
Urutan dan Mekanisme Terjadinya Proses Gerak Refleks serta Gerak Sadar
Gambar: Lengkung Refleks Sederhana

Perhatikan contoh pada gambar di atas. Gerak refleks dibedakan menjadi dua yaitu refleks kranial dan refleks spinal. Pada refleks kranial (yang terjadi di kepala, misalnya bersin), jalur ini hanya melibatkan sebagian kecil dari otak.

Namun pada refleks spinal (yang terjadi di bagian tubuh lainnya), hanya sumsum tulang belakang yang terlibat secara aktif, sedangkan otak tidak terlibat. Jalan impuls pada gerak refleks di atas melibatkan lengkung refleks spinal.

0 Response to "Urutan dan Mekanisme Terjadinya Proses Gerak Refleks serta Gerak Sadar"

Posting Komentar