Pengertian Sistem Reproduksi pada Manusia, Struktru, Alat, Organ, Anatomi, dan Fungsinya

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan secara lengkap tentang sistem reproduksi pada manusia, yang meliputi alat reproduksi wanita, alat reproduksi pria, organ reproduksi wanita, organ reproduksi pria, kesehatan reproduksi pria dan wanita, anatomi alat reproduksi pria dan wanita, foto alat reproduksi wantia, dan penyakit pada sistem reproduksi.

Pengertian Reproduksi

Setiap makhluk hidup akan bereproduksi untuk kelangsungan jenisnya. Demikian juga dengan manusia, mengalami reproduksi untuk kelangsungan hidupnya. Pertambahan jumlah manusia melalui proses reproduksi.

Agar proses reproduksi dapat berlangsung dengan baik haruslah didukung dengan struktur organ reproduksi dan proses fisiologis yang sempurna. Apa yang terjadi andaikata struktur organ reproduksi tersebut tidak sempurna? Apa yang terjadi jika proses fisiologisnya juga tidak sempurna? Pada pembahasan ini kamu akan mempelajari struktur alat reproduksi manusia dan gangguan yang dapat terjadi.

Sistem dan Alat Reproduksi Pria

Sistem perkembangbiakan pria tersusun dari organ luar yang terdiri dari penis dan skrotum.  Penis berfungsi sebagai organ perkembangbiakan dan saluran kencing. Di samping penis terdapat kantung yang disebut skrotum yang di dalamnya terdapat testis.

Pengertian Sistem Reproduksi pada Manusia, Struktru, Alat, Organ, Anatomi, dan Fungsinya
Gambar: Alat Reproduksi Pria
Selama masa pubertas, dua testis mulai menghasilkan sperma, yaitu sel kelamin jantan. Sperma mempunyai struktur sebagai selsel tunggal yang tersusun dari kepala dan ekor.

Ekor berfungsi untuk menggerakkan sperma, sedangkan kepala sperma mengandung informasi genetik. Skrotum juga berfungsi untuk membantu mengatur suhu yang sesuai untuk produksi sperma.

Beberapa organ lain juga membantu dalam reproduksi yaitu untuk pengangkutan dan penyimpanan sperma di dalam tubuh. Setelah sperma dihasilkan dari testis, akan ditampung dalam epididimis. Selanjutnya diangkut melalui saluran yang melingkari kandung kemih.

Di samping kandung kemih terdapat kelenjar yang disebut kelenjar seminal, tempat mencampur sperma dengan cairan yang membantu sperma bergerak. Campuran antara sperma dan cairan ini disebut semen.

Semen meninggalkan tubuh melalui uretra, yaitu saluran yang sama untuk mengalirkan urine ke luar tubuh. Namun demikian antara semen dan air kencing tidak pernah tercampur. Otot yang berada di belakang kandung kencing berkontraksi untuk mencegah urine keluar dari uretra saat sperma dikeluarkan dari dalam tubuh.

Fungsi organ reproduksi pria

  1. Testis berfungsi Menghasilkan sperma melalui meiosis
  2. Skrotum berfungsi Membungkus testis
  3. Penis berfungsi Menyalurkan sperma ke dalam vagina
  4. Saluran sperma berfungsi Menyalurkan sperma dari testis ke uretra
  5. Vesikula Seminalis berfungsi Menampung Sperma
  6. Uretra berfungsi Menyalurkan sperma dan urine ke luar tubuh
  7. Kelenjar Seminal berfungsi Menghasilkan cairan agar sperma mudah bergerak

Sistem dan Alat Reproduksi Wanita

Saat wanita memasuki masa pubertas, sel telur mulai tumbuh dalam organ seksual yaitu sepasang ovarium. Berbeda dengan pria, organ reproduksi wanita merupakan organ internal, karena berada di dalam tubuh.

Pengertian Sistem Reproduksi pada Manusia, Struktru, Alat, Organ, Anatomi, dan Fungsinya
Ovarium terletak dalam rongga badan bagian bawah. Kira-kira tiap satu bulan ovarium menghasilkan sebuah sel telur yang masak. Proses ini disebut ovulasi. Dua ovarium tersebut saling bergantian menghasilkan telur tiap bulan.

Telur yang dihasilkan masuk ke dalam saluran telur. Jika dibuahi oleh sperma, sel telur akan terus berada di dalam saluran telur. Rambut-rambut getar yang ada di saluran telur membantu sel telur untuk bergerak menuju uterus (rahim).

Uterus ini mempunyai struktur berongga, bentuknya seperti buah jambu air, dan merupakan organ yang penuh dengan otot. Dindingnya menebal bila didalamnya terdapat sel telur yang telah dibuahi atau zigot yang tumbuh dan berkembang.

Bagian bawah dari uterus berhubungan dengan bagian luar tubuh melalui adanya tabung berotot yang disebut vagina. Vagina ini juga disebut saluran kelahiran, sebab sebagai tempat lewatnya bayi saat lahir.

Fungsi organ reproduksi wanita

  1. Ovarium berfunsi Menghasilkan sel telur
  2. Oviduk berfungsi Menyalurkan telur dari ovarium ke uterus
  3. Uterus berfungsi Tempat pertumbuhan sel telur yang dibuahi
  4. Vagina berfungsi Menerima sel-sel sperma dan jalan lahir bayi

Demikian pembahasan tentang sistem reproduksi pada manusia yang dibahas secara lengkap mulai dari struktur, anatomi dan fungsi dari masing-masing organ reproduksi tersebut.

0 Response to "Pengertian Sistem Reproduksi pada Manusia, Struktru, Alat, Organ, Anatomi, dan Fungsinya"

Posting Komentar