Pengertian dan Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Indonesia

Pembahasan kali ini adalah tentang kalimat pengandaian, pengertian kalimat pengandaian, contoh kalimat pengandaian, kalimat pengandaian dalam bahasa indonesia, dan kata pengandaian.

Kalimat dengan hubungan pengandaian

Perhatikan baris lagu berikut!

  1. Andai kutahu kapan tiba ajalku ku akan memohon Tuhan tolong panjangkan umurku.
  2. Pengusaha itu akan dilaporkan kepada polisi bilamana tidak segera memenuhi kewajibannya.

Kalimat di atas menggunakan kata andai. Ini menyatakan bahwa kalimat tersebut memiliki hubungan pengandaian.

Hubungan pengandaian dalam sebuah kalimat dinyatakan dengan konjungsi pengandaian. Konjungsi yang menunjukkan hubungan pengandaian antara lain seandainya, andaikata, bilamana, jika, bila, dan sebagainya.
Pengertian dan Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Indonesia
Gambar: Contoh Kalimat Pengandaian

Contoh – contoh kalimat pengandaian.

Bila
Bila saja kau datang lebih awal, pasti kamu akan bertemu dengannya di sini.
Budi akan segera datang, bila kau telepon dia.

Bila saja waktu itu kau menuruti perkataanku, kau tidak akan menyesal seperti ini.
Kita semestinya sudah pulang ke rumah, bila saja pak guru tidak menyuruh membersihkan kelas.

Jika
Jika aku punya uang yang banyak, maka aku akan membeli sepeda motor baru.
Jika Shinta tidak datang dalam 5 menit, kita terpaksa pergi meninggalkannya.

Harga barang – barang kebutuhan pokok akan ikut naik, jika pemerintah menaikan harga BBM.
Jika kau sudah tua nanti, kau harus berbakti kepada orang tua mu.

Kalau
Kalau acara itu diadakan hari minggu, aku akan menghadirinya.
Kalau saja aku belajar semalam, aku pasti tidak akan mendapat nilai jelek.

Anak nakal itu akan menjadi baik, kalau saja orang tuanya mendidik dengan benar.
Semestinya kita sudah tiba dari tadi, kalau saja mobil ini tidak mogok di jalan.

Apabila
Apabila kamu melihat Andi, katakan padanya aku sedang mencari dirinya.
Apabila esok cerah, ayah akan membawa kami berlibur ke rumah nenek.

Semestinya maling tidak akan bisa masuk rumah ini, apabila kamu mengunci pintu dengan baik.
Budi akan pergi bersama kami, apabila dia mendapat izin dari ayahnya.

Seandainya
Seandainya aku bisa terbang, aku akan mengelilingi bumi ini.
Seandainya nanti malam aku tidak sibuk, aku akan datang ke rumahmu.

Seandainya kamu memberitahuku lebih awal, kita pasti tidak akan kalah.
Seandainya saja paman mau datang kemari, kita pasti akan diajaknya ke rumah nenek.

Andaikan
Andaikan aku punya sedikit uang, aku akan membelikanmu buku baru.
Andaikan saja malam ini aku pergi, aku pasti tidak akan bertemu lagi dengannya.

Rumah itu akan terlihat baik, andaikan di cat dengan warna biru dan putih.
Aku akan melupakannya, andaikan aku tak akan bertemunya lagi.

0 Response to "Pengertian dan Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Indonesia"

Posting Komentar